Pusdiktan selenggarakan Workshop Audit Mutu Internal Pendidikan Tinggi

By Admin


nusakini.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian melalui Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) melaksanakan Workshop Audit Mutu Internal Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan mulai tanggal 8 s/d 10 Oktober 2019 di Hotel Amaris, Bogor (08/10/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 16 orang perwakilan dari seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) di seluruh Indonesia diantaranya Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Jogya dan Magelang (YoMa), Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa dan Polbangtan Manokwari. 

Dalam workshop tersebut peserta memperoleh bimbingan dan pendampingan cara mengoprasikan Sistem Informasi Jaminan Mutu (SIJAMU) Pendidikan Tinggi Pertanian yang berbasis Website. Peserta dari UPT lingkup pendidikan diharuskan melengkapi dokumen-dokumen yang menjadi acuan standar mutu pendidikan. 

Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan Pendidikan, Inneke Kusumawaty menyampaikan bahwasanya Workshop ini adalah dalam rangka memfasilitasi Audit Mutu Internal (AMI) agar sesuai standar yang dilakukan Auditor Politeknik yang sudah ditetapkan. Tujuannya agar dapat meningkatkan Kinerja manajemen unit kerja dilingkungan Polbangtan, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan Akreditasi Institusi dan Program Studi Polbangtan. 

Selain itu juga untuk mendorong Polbangtan menyiapkan Okupasi, karena perubahan STPP menjadi politeknik mengharuskan penambahan program studi sebagai upaya memenuhi peryaratan perubahan menjadi politeknik. Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) yang secara rutin dilakukan oleh Polbantan agar melaporkan secara online kepada Pusdiktan. Karena ini akan menjadi monitoring Pusdiktan dalam memantau kinerja program studi dan lembaga Politeknik Kementerian Pertanian, Ujarnya. 

Menurut Siti Syamsiah selaku Kasub Kelembagaan Pendidikan bahwa Penilaian Audit Mutu Internal (AMI) yang sebelumnya manual sekarang sudah dapat dilakukan secara online melalui Sistem Informasi Jaminan Mutu (SIJAMU) yang sudah Launching beberapa waktu yang lalu, harapanya sistem informasi ini dapat menyediakan data secara update dan siap setiap saat sewaktu diperlukan pimpinan. (Romy)